2013/03/03

Fungsi Komputer di dunia kesehatan

PENDAHULUAN

                Teknologi Informasi adalah teknologi yang mampu membantu manusia untuk melakukan pekerjaan mereka. Seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, dunia medis juga mulai mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi ini untuk memudahkan aktivitas medis. Dalam makalah ini, penulis akan mencoba menjelaskan kemajuan kemajuan teknologi seperti apa, berbagai dampak yang di timbulkan dan aplikasinya di bidang medis.


BAB 1 KAITAN ANTARA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN BIDANG MEDIS
                                   
A Teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam melakukan perjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari pentungan sampai senjata nuklir.

B. Awal teknologi di bidang medis
          Tidak seperti di bidang perbankan yang sudah menjadi prosedur standar menggunakan teknologi transaksi financial secara elektronik, bidang kesehatan baru saja memulai tahap perencanaan pengembangan billing System. Saat ini hampir setiap rumah sakit menggunakan jasa komputer, setidaknya untuk manajemen keuangan.
Perawat terlambat mendapatkan manfaat dari komputer, usaha pertama dalam menggunakan komputer oleh perawat pada akhir tahun 1960-an dan 1970-an mencakup:
1. Automatisasi catatan perawat untuk menjelaskan status dan perawatan pasien.
2. Penyimpanan hasil sensus dan gambaran staf keperawatan untuk analisa kecenderungan masa depan staf.

Pada pertengahan tahun 1970-an, ide dari sistem informasi rumah sakit (SIR) diterapkan, dan perawat mulai merasakan manfaat dari sistem informasi manajemen. Pada akhir tahun 1980-an memunculkan mikro-komputer yang berkekuatan besar sekali dan perangkat lunak untuk pengetahuan keperawatan seperti sistem informasi manajemen keperawatan (SIMK)




BAB 2 FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM  DUNIA MEDIS

             Teknologi informasi dan komunikasi komputer saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. Di dunia medis, dengan perkembangan pengetahuan yang begitu cepat (kurang lebih 750.000 artikel terbaru di jurnal kedokteran dipublikasikan tiap tahun), dokter akan cepat tertinggal jika tidak memanfaatkan berbagai tool untuk mengudapte perkembangan terbaru. Selain memiliki potensi dalam memfilter data dan mengolah menjadi informasi, TI mampu menyimpannya dengan jumlah kapasitas jauh lebih banyak dari cara-cara manual.
                      
Penggunaan Teknologi Informasi di dunia medis dapat memudahkan dalam penyimpanan data kontak pasien, mencatat rekam medis pasien, penginputan data obat obatan dan bisa juga untuk administrasi rumah sakit. Selain itu yang pasti untuk alat pendukung medis seperti :

Helical CT-SCAN
Adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagital, paling kecil jarak antara potongan 3 mm. Kelebihan dibanding CT-SCAN Konvensional:
-Lebihcepat
-Tigadimensi
- Bisa untuk pemeriksaan pembuluh darah

Magnetic Resonance Imaging ( M R I )
Adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagita. Alat ini mempunyai berbagai kelebihan diantara nya :
- Tidak menggunakan sinar X                                                            
- Pakai tenaga magnetic
- Potongan tranversal, coronal, sagital tanpa merubah posisi pasien
- Jaringan saraf & jaringan lunak tampak lebih jelas

Pemeriksaan Ekokardiografi
Adalah suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung, alat ini baru dimiliki beberapa Rumah Sakit  di Indonesia.Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot Jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor.

Jadi, salah satu pemanfaatan perangkat keras komputer adalah didunia kedokteran. beberapa fungsinya adalah Komputer sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan medis seperti yang dapat kita lihat  sekarang di berbagai rumah sakit, sangat banyak contoh peran komputer dalam dunia kedokteran. Diantaranya adalah untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, untuk pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit, dan masih banyak fungsi – fungsi yang lain.

USG (Ultra sonografi).
USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor.

 Mycin
Merupakan contoh system pakar yang digunakan untuk membantu juru medis mendiagnosis penyakit darah yang cepat menular dan kemudian dapat memberikan saran berupa penggunaan antibiotic yang sesuai. (system pakar adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk meniru keahlian seseorang dalam bidang tertentu).

BAB 3 KESIMPULAN

            Kesimpulan dari makalah ini Adalah kemajuan teknologi sangat membantu dan memudahkan dokter untuk melakukan pekerjaannya. Contohnya, menggunakan komputer untuk menyimpan data pasien, rekam medis pasien yang dapat memudahkan dokter atau staff medis untuk menyimpan dan menampilkan kembali suatu saat data pasien jika di butuhkan. Selain itu terdapat juga alat alat medis yang membantu staf medis melakukan pengecekan maupun pengobatan seperti : CT Scan, Magnetic Resonance Imaging, Ekokardiografi dan juga USG untuk mengecek bayi dalam kandungan seorang ibu.
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar